10 Universitas Paling Mahal Di Jakarta Bahkan Ratusan Juta

1. Universitas Tarumanagara (Rp 8.400.000 – Rp 25.900.000)
Universitas Tarumanagara yang berlokasi di Jalan Letjen S. Parman, Jakarta Barat ini memakai tarif kuliah yang terbilang cukup mahal per semesternya ialah Rp 8,4 juta sampai Rp 25,9 juta.

Kampus yang telah menerima akreditasi A ini mempunyai delapan fakultas ialah Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Regulasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi dan Fakultas Teknologi Berita.

2. Swiss German University (Rp 24.000.000 – Rp 28.000.000)
Universitas termahal di Indonesia lainnya ialah Swiss German University yang berada di wilayah Alam Sutera, Tangerang dan disponsori oleh Yayasan Swiss German.

Menariknya, kampus bergengsi ini menggabungkan teori dan praktik dalam melakukan pelajaran. Tiap-tiap mahasiswa juga diwajibkan untuk menuntaskan program magang yang dilangsungkan di luar negeri, lazimnya di Jerman atau Swiss.

Padahal seperti itu, mahasiswa jebolan Swiss German University akan menerima gelar ganda dan juga diakui secara internasional. Tidak heran seandainya UKT yang dibebankan sekitar Rp 24 juta sampai Rp 28 juta per semester.

3. President University (Rp 30.000.000)
President University masuk ke dalam jajaran universitas termahal di Indonesia dengan tarif kuliah menempuh Rp 30 juta per semesternya.

Bagaimana tak, soalnya kampus yang dimiliki oleh Jababeka ini telah diketahui dengan pengajaran internasionalnya, mulai dari kurikulum, kelompok sosial multinasional serta sarana yang mendorong kesibukan mahasiswanya seperti kolam renang, lapangan tenis, sampai lapangan golf.

Baca Juga : https://dosenperiset.org/4-universitas-paling-terkenal-dan-termurah-di-sumatera-utara/